Senin, 01 Agustus 2011

Marhaban Ya Ramadhan


SEGENAP KELUARGA BESAR PRAMUKA 98
MENGUCAPKAN
SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA RAMADHAN


Salam Pramuka, Salam Semagat Ramadhan dari kami...

Seluruh umat Islam kini menyerukan 'Marhaban Ya Ramadhan, Marhaban Ya Ramadhan", selamat datang Ramadhan, Selamat datang Ramadhan. Di masjid-masjid, musholla, koran-koran, stasiun televisi dan radio dan berbagai mailing list, ungkapan selamat datang Ramadhan tampil dengan berbagai ekpresi yang variatif. Setiap media telah siap dengan sederet agendanya masing-masing, demikian pula dengan Pramuka 98 yang mempunyai agenda kegiatan yang penuh dengan variasi agar anak didik tidak jenuh dan bosan dalam menjalankan ibadah Ramadhan. Ada rasa gembira, ke-khusyu'-an, harapan, semangat dan nuansa spiritualitas lainnya yang sarat makna untuk diekpresikan. Itulah Ramadhan, bulan yang tahun lalu kita lepas kepergiannya dengan linangan air mata, kini datang kembali.

Sejumlah nilai-nilai dan hikmah-hikmah yang terkandung dalam ibadah puasa pun marak dikaji dan kembangkan. Ada nilai sosial, perdamaian, kemanusiaan, semangat gotong royong, solidaritas, kebersamaan, persahabatan dan semangat prularisme. Ada pula manfaat lahiriah seperti: pemulihan kesehatan (terutama pencernaan dan metabolisme), peningkatan intelektual, kemesraan dan keharmonisan keluarga, kasih sayang, pengelolaan hawa nafsu dan penyempurnaan nilai kepribadian lainnya. Ada lagi aspek spiritualitas: puasa untuk peningkatan kecerdasan spiritual, ketaqwaan dan penjernihan hati nurani dalam berdialog dengan al-Khaliq. Semuanya adalah nilai-nilai positif yang terkandung dalam puasa yang selayaknya tidak hanya kita pahami sebagai wacana yang memenuhi intelektualitas kita, namun menuntut implementasi dan penghayatan dalam setiap aspek kehidupan kita.

Jalani Ramadhan dengan niat ikhlas dan penuh semangat untuk menuju kemenangan, selain itu isi ramadhan dengan kegiatan-kegiatan yang positive.

Tingkatkan Taqwa Berbagi Sesama
Menuju Kemenangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar